Rabu, 01 April 2009

Mobilbabe.com

Background

Mobilbabe.com adalah media otomotif online 24 jam dengan menggunakan sarana internet (Web/Portal) yang menyajikan segala hal berkaitan dengan dunia otomotif. Berdiri sejak Maret 2000, mobilbabe.com telah menjadi portal otomotif terbesar dan terpercaya di Indonesia, dan terus berkembang hingga ke seluruh dunia. Mobilbabe.com adalah “One Stop Automotive Information Media”, dengan hanya berkunjung ke Mobilbabe.com, dapatkan informasi selengkapnya mengenai otomotif.



Menu-menu yang terdapat di Mobilbabe.com

Di Mobilbabe.com, akan ditemukan banyak hal mengenai otomotif, antara lain:
1. Media Iklan Jual-Beli Mobil & Motor Bekas
Tempat terjadinya interaksi langsung antara penjual mobil/motor dengan pembeli, dimana penjual akan melakukan pemasangan mobil/motor yang akan dijual secara detil lengkap dengan photo, sehingga pembeli dengan mudah dapat menentukan pilihannya dengan tepat dan langsung menghubungi penjual apabila berminat.
2. Halaman Dealer Mobil
Halaman khusus untuk showroom mobil atau motor di seluruh Indonesia, lengkap dengan photo-photo mobil atau motor yang dijual dan selalu up-date, katalog-katalog mobil baru dan lokasi showroom. Dengan membuka halaman ini, peminat mobil/motor baik baru maupun bekas seakan memiliki database pribadi showroom-showroom di seluruh Indonesia, untuk melakukan pencarian mobil/motor yang diminatinya.
3. Mobil Dicari
Sebagai media online 24 jam, banyak mata akan melihat mobil yang sedang dicari oleh peminat. Dengan mudah peminat mobil tertentu akan melakukan pemasangan informasi mengenai mobil yang sedang dibutuhkan, dan silakan tunggu reaksi dari pengunjung/penjual untuk menawarkan mobilnya kepada peminat. Transaksi jual-beli akan langsung dilakukan sendiri antara penjual dan pembeli.
4. Iklan Jasa dan Produk Otomotif
Sebagai media informasi otomotif terlengkap, informasi iklan jasa dan produk otomotif adalah keharusan. Segala Iklan Jasa Otomotif terdapat lengkap, mulai dari Bengkel & Perawatan Mobil, Tempat Penyewaan Mobil, Asuransi Mobil, hingga Leasing Mobil serta Iklan Produk Otomotif mulai dari Produk-produk Aksesoris, Sparepart, hingga Produk Perawatan Otomotif.
5. Berita-berita seputar Otomotif, dan informasi Klub-klub Otomotif
Tidak lengkap bila media otomotif tidak menyajikan berita seputar otomotif dan klub-klub otomotif beserta kegiatannya. Di media inilah anda akan mendapatkan hal itu semua.


Analisa dan Usulan

1. Business Model

-Profit Site:
Brokers/agents (current)
Mobile Commerce (usulan)

-Revenue:
Commission Fee (current)
Subscription fee/initially free (current)
Advertisements (current)
Current:Diversified revenue: sales, advertising ,subscription, affiliate, dan pay-per-view access untuk baner-baner iklan perusahaan/bidang usaha lainya.
Usulan:Mengadakankerja sama dengang perusahaan-perusahaan leasing untuk promo cicilan khusus dengan bunga ringan. Bagi nasabah-nasabah bank tertentu dapat mencicil dengan bunga ringan yang disepakati.

-Commerce Strategy:
B2B,C2C and B2C (current)
Dimana mobilbabe.com menyediakan bagi costumer yang menjual mobil dan motor dapat dipasang dalam websitenya dan bagi perusahaan-perusahaan untuk memasang iklan maupun link ke situs-situsnya.

-Pricing Model:
Fixed Pricing (fixed commission)

2. Positioning

-Target Segment:
2 Different types of customers: Shops (No Mobile/E Commerce Presence), Consumers(Budget Minded)

-Value Proposition:
Usulan:
Best Price: harga terbaik di pasar online
Convenience: Shop anytime, anywhere (m-c0mmerce)
Large Variety: Large array of products available (diversifikasi produk-produk yang di tawarkan)
3. Critical Capabilities

- Large network of partners:
Low subscription and joining fee
Multiple channel to sell products: Web (current) and Mobile (usulan)

- Unique ICT Infrastructure:
State of art technology
Low cost


Porter 5 Forces Model Analisis:

1. Industry/Competitors:
Online Shopping (Keep innovating)
2. Potential Entrants:
Easy entry (Capture Market quickly and Build strong relationship with partners)
3. Suppliers:
High Bargaining Power (Low commission fee)
4. Substitutes:
Catalog, Magazines, Brochures
5. Buyers:
Low Bargaining Power (Provide the best fixed price andProvide more varieties)


Skema web Environment yang di terapkan oleh mobilbabe.com:








Usulan tambahan skema environtment dengan penambahan WAP (m-commerce):

Tidak ada komentar:

Posting Komentar